Selain mengantuk, ini alasan lainnya kenapa kamu selalu menguap

selain-mengantuk-ini-alasan-lainnya-kenapa-kamu-selalu-menguap.jpg

RamahNewsBerita-Menguap seringkali kamu alami ketika kamu lelah dan mengantuk atau butuh waktu untuk beristirahat. Sehingga saat kamu menguap, pasti kamu akan mengambil waktu untuk langsung tidur.

Namun setelah ditidurkan, kamu masih sering saja menguap. Seringkali mengalami hal yang sama? Dilansir dari boldsky.com ternyata sering menguap bukan hanya menjadi tanda bahwa kamu mengantuk. Sebab menguap bisa merupakan gejala dari beberapa penyakit seperti penjelasan di bawah ini.

Masalah lever
Jika kamu sering menguap selama beberapa waktu padahal kamu sama sekali tidak mengantuk, coba lakukan tes atau uji kesehatan lever. Sebab masalah lever juga biasanya ditandai dengan seringnya menguap.

Multiple Sclerosis
Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang menderita Multiple Sclerosis atau MS juga akan menderita disfungsi thermoregualtory atau ketidakmampuan untuk mengontrol suhu tubuh mereka sehingga pada akhirnya akan sering membuat mereka menguap.

Masalah otak
Alasan lain kenapa kamu sering menguap biasanya disebabkan oleh radang otak yang terjadi saat kamu mengalami stroke ringan. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa menguap berlebihan adalah gejala dari pasien yang mengalami peradangan di batang otak mereka.

Epilepsi
Mungkin kamu akan terkejut. Namun keseringan menguap juga bisa menjadi tanda epilepsi. Sebab gangguan kesehatan ini akan menyebabkan otak mengirimkan sinyal yang abnormal sehingga dapat membuat kamu menguap secara berlebihan.

Efek samping obat
Beberapa jenis obat yang diresepkan mampu membuat kamu merasa lelah dan merasa bahwa energi terkuras. Sehingga kamu pun akan sering menguap. Jenis obat-obatan yang biasanya membuat kamu mengantuk adalah yang mengandung SSRIs (selective serotonin reuptake inhibitors) atau antihistamines.

Gangguan tidur
Dalam banyak kasus, salah satu alasan mengapa kamu sering menguap adalah karena kamu mengalami gangguan tidur yang membuat kamu kurang tidur. Kurang tidur ini akan membuatmu menguap saat kamu terjaga. Jadi agar kamu tidak sering menguap, coba perbaiki pola tidur.

Itulah alasan kenapa kamu menjadi sering menguap. Oleh karena itu jika kamu mengalami gejala yang sama, lebih baik cari tahu alasan di balik kenapa kamu sering menguap.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s